Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan proses dan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe example non example. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian ini adalah terjadi peningkatan proses dan hasil belajar siswa. Pada siklus I hasil observasi guru berada pada kategori baik (B) dan hasil observasi siswa berada pada kategori cukup (C). Pada siklus II hasil observasi guru berada pada kategori baik (B) dan hasil observasi siswa berada pada kategori baik (B). Adapun peningkatan hasil belajar siswa yaitu pada siklus I, hasil tes belajar siswa berada pada kategori Cukup (C). Pada siklus II, hasil tes belajar siswa berada pada kategori Baik (B). Simpulan penelitian ini adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe example non example dapat meningkatkan proses dan hasil belajar belajar siswa tentang interaksi manusia pada lingkungan di kelas V UPTD SD Negeri 79 Parepare.
Copyrights © 2023