JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan
Vol 7, No 3 (2023): September

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Take and Give untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD

Maryam,M, St. (Unknown)
Ilmi, Nur (Unknown)
Rahmah, Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Sep 2023

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas V. Subjek penelitian ini yakni guru dan siswa kelas V berjumlah 20 siswa terdiri dari 12 siswa perempuan dan 8 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yakni deskriptif kualitatif. Pada siklus I hasil observasi guru berada pada kualifikasi C, untuk hasil observasi siswa berada pada kualifikasi C dan hasil tes belajar matematika dengan nilai rata-rata 66. Pada siklus II hasil observasi guru berada pada kualifikasi B, untuk hasil observasi siswa berada pada kualifikasi B dan hasil tes belajar matematika dengan nilai rata-rata 82. Kesimpulannya yaitu penelitian ini menunjukkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe take and give dapat meningkatkan proses dan hasil belajar belajar matematika siswa kelas V UPTD SD Negeri 2 Parepare.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIKAP

Publisher

Subject

Education

Description

JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan merupakan Jurnal Pendidikan dan pembelajaran yang dikelola secara proses peer review, menerima Artikel tentang Pendidikan, Pendidikan Dasar dan Pembelajaran. Jurnal JIKAP PGSD mulai tahun 2019 terbit 3 kali dalam setahun yaitu bulan Januari, Mei dan ...