Jurnal Educatio FKIP UNMA
Vol. 7 No. 2 (2021): April-June

Penerapan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Kuliah Perilaku Organissasi di STIE Semarang

Siti Aniqoh Shofwani (STIE Semarang)
Yovita Mumpuni Hartarini (STIE Semarang)
Sarbullah Sarbullah (STIE Semarang)
Pipit Sundari (STIE Semarang)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2021

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya nilai hasil belajar mata kuliah perialuku organisasi mahasiswa kelas D Prodi Manajemen STIE Semarang Tahun Akademik 2020/2021. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar mata kuliah perilaku organisasi menggunakan metode demonstrasi pada mahasiswa kelas D Prodi Manajemen Tahun Akademik 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes.  Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar mata kuliah perilaku organisasi ini dilihat dari persentase ketuntasan tiap siklus. Mahasiswa yang dinyatakan tuntas pada prasiklus berdasarkan hasil tes ada 15 mahasiswa (29,92%), siklus I menjadi 23 mahasiswa (75,38%) dan siklus II, 25 mahasiswa (88,46%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan hasil belajar mata kuliah perilaku organisasi pada mahasiswa kelas D Prodi Manajemen STIE Semarang Tahun Akademik 2020/2021.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

educatio

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Education curriculum, instruction, learning, policy, preparation of teachers, Learning Media, Development Subject of Education, and Management of ...