Jurnal Educatio FKIP UNMA
Vol. 9 No. 3 (2023): July-September

Kesulitan Proses Matematisasi Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau Dari Adversity Quotient

Sadriah (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Etika Khaerunnisa (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Syamsuri Syamsuri (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang)



Article Info

Publish Date
24 Sep 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan siswa dalam proses matematisasi soal cerita ditinjau dari Adversity Quotient (AQ). Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Subjek penelitian adalah 28 siswa kelas XI–AK 1 Di SMK Nurul Huda Baros. Instrumen yang digunakan adalah angket AQ, tes diagnostik, dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan siswa dalam proses matematisasi dengan adversity quotient dikelompokkan menjadi 3, yaitu kelompok pertama siswa belum mampu secara maksimal menyelesaikan proses matematisasi tahap horizontal dan vertikal, kelompok ini berada di tipe quitters. Kelompok kedua siswa belum mampu secara maksimal menyelesaikan proses matematisasi tahap vertikal, kelompok ini berada di tipe campers. Sedangkan kelompok ketiga siswa mampu menyelesaikan proses matematisasi tahap horizontal dan vertikal, kelompok ini berada di tipe climbers.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

educatio

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Education curriculum, instruction, learning, policy, preparation of teachers, Learning Media, Development Subject of Education, and Management of ...