Jurnal Educatio FKIP UNMA
Vol. 9 No. 3 (2023): July-September

Media Pembelajaran Card Match Circle Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengidentifikasi Berbagai Macam Kegiatan Ekonomi

Hesti Novita Sari (Universitas Nusantara PGRI, Kediri)
Ilmawati Fahmi Imron (Universitas Nusantara PGRI, Kediri)
Alfi Laila (Universitas Nusantara PGRI, Kediri)



Article Info

Publish Date
23 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari permasalahan pada pembelajaran IPS di sekolah dasar, khususunya materi berbagai bidang pekerjaan. Penyebab permasalahan ini adalah minimnya media pembelajaran inovatif yang sesuai dengan karakteristik siswa sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media CMC yang layak digunakan pada pembelajaran IPS. Metode dalam penelitian ini adalah Research and Development R&D dengan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan meliputi Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Penelitian dilakukan di SDN Jambi 2 kabupaten Nganjuk dengan subjek siswa kelas IV sebanyak 24 responden. Hasil penelitian menunjukkan, media Card Match Circle dinyatakan sangat valid dan baik digunakan dengan presentase skor dari validasi pembelajaran 85% validasi media 90% , dan validasi materi dalam media memperoleh 95,5% . Hasil keefektifan media Card Match Circle pada uji terbatas memperoleh skor rata-rata sebesar 90 dan pada uji luas skor rata-rata sebesar 92,5 %. Hasil respon guru terhadap media Card Match 92%  dan respon siswa sebesar 94,5%. Berdasarkan hasil tersebut media  Card Match Circle dapat dikatakan sangat valid, sangat efektif dan layak digunakan pada pembelajaran IPS di sekolah dasar, khususunya materi berbagai bidang pekerjaan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

educatio

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Education curriculum, instruction, learning, policy, preparation of teachers, Learning Media, Development Subject of Education, and Management of ...