Jurnal Educatio FKIP UNMA
Vol. 9 No. 3 (2023): July-September

Efektivitas Media Kartu Bergambar Dengan Teknik Scramble Pada Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar

Dinda Sekar Kinasih (Universitas Mataram)
Siti Rohana Hariana Intihana (Universitas Mataram)
Dyah Indraswati (Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
15 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media kartu bergambar dengan teknik scramble pada keterampilan membaca permulaan siswa kelas II SDN 11 Praya. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen jenis pretest-posttest control group design. Subjek dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas II di SDN 11 Praya dimana kelas II A sebagai kelas kontrol dengan jumlah 21 siswa, sedangkan kelas II B sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 19 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Tes Awal (Pretest) dan Tes Akhir (Posttest). Teknik analisis data diawali dengan uji prasyarat yaitu uji normalitas dengan uji Kolmogorov-Smirnov dengan taraf signifikansi 5% (0,05) dan dilanjutkan dengan uji homogenitas dengan menggunakan uji leneve test. Berdasarkan perhitungan pengujian hipotesis pada taraf signifikansi 5% diperoleh nilai sig. 2 tailed 0,000 < 0,05 maka hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak. Artinya media kartu bergambar dengan teknik scramble efektif pada keterampilan membaca permulaan siswa kelas II SDN 11 Praya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

educatio

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Education curriculum, instruction, learning, policy, preparation of teachers, Learning Media, Development Subject of Education, and Management of ...