Jurnal Pendidikan Guru Matematika
Vol 3, No 3 (2023): September

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel

Mirna Basir (Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Khairun)
Ahmad Afandi (Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Khairun)
Nurma Angkotasan (Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Khairun)



Article Info

Publish Date
11 Sep 2023

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk: 1). Mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi persamaan linier dua variabel kelas VIII MTs Muhamadiyah Halmahera Selatan.  2). Mengetahui apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think talk write dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII MTs Muhamadiyah Halmahera Selatan pada materi persamaan linier dua variabel. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Muhamadiyah Halmahera Selatan yang berjumlah 43 siswa yang kemudian tersebar pada dua kelas dan Sampel yang secara acak di ambil yaitu siswa kelas VIII1 yang berjumlah 20 siswa, Pengumpulan data dilakukan melalui tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan 6 butir soal sebagai instrumen yang telah divalidasi oleh validator. Analisis data yang digunakan adalah Kriteria kemampuan berpikir kritis, N Gain (g), uji normalitas dan uji one sample t-test. Sesuai dengan hasil perhitungan dengan menggunakan Kriteria Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, diperoleh 12 atau 60% yang sudah mencapai nilai di atas rata-rata 82,5 dan 8 atau 40% siswa mencapai nilai di bawah rata-rata sehingga dikategorikan sebagai siswa yang kemampuan pemecahannya kurang. Dengan demikian model pembelajaran kooperatif tipe think talk write dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

matematika

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Guru Matematika (JPGM) merupakan jurnal pada bidang pendidikan yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Khairun. Jurnal ini menyediakan forum publikasi penelitian dalam pembelajaran matematika untuk seluruh jenjang pendidikan. Artikel-artikel yang ...