Dalam pendidikan bahasa Jepang, penguasaan huruf merupakan salah satu aspek dasar yang sangat penting. Saat menulis katakana, banyak siswa yang melakukan kesalahan. Di Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Riau, belajar katakana adalah salah satu bagian dari mata kuliah hyouki yang dipelajari di semester satu. Dalam matakuliah ini, pembelajar bahasa Jepang belajar katakana dalam beberapa kali pertemuan. Dalam beberapa kesempatan, pembelajaran huruf katakana tentu tidak efektif. Kemudian kurangnya penggunaan dan pembelajaran huruf katakana menyebabkan siswa tidak banyak belajar tentang huruf katakana. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk kesalahan penulisan huruf Katakana pada mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang Angkatan 2020 Universitas Riau. Dalam penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif karena mendeskripsikan kesalahan mahasiswa. Sumber data mahasiswa angkatan 2020 sebanyak 27 orang dan diperoleh data sebanyak 14 mahasiswa. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes. Dari sebelas kategori kesalahan yang penulis temui dalam tes, responden paling banyak melakukan kesalahan dalam menulis chōon. Kesalahan penulisan chōon kesalahan chōon yaitu pada pengeliminasian chōon terdapat 18 kesalahan dan dalam penggunaan chōon terdapat 12 kesalahan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023