Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika
Vol 6, No 2 (2023)

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN SAVI BERBANTUAN GEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA

Ramadhani Fitri (STKIP Insan Madani Airmolek)
Yunisa Fadhilah Hartati (STKIP Insan Madani Airmolek)
Sri Yunita Ningsih (STKIP Insan Madani Airmolek)
Helma Mustika (STKIP Insan Madani Airmolek)
Puji Astuti (STKIP Insan Madani Airmolek)
Nina Kurniati Sari (STKIP Insan Madani Airmolek)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2023

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII MTs Nurul Falah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dengan menggunakan model pembelajaran Somatic Auditory Visualization Intellectually (SAVI) berbantuan aplikasi GeoGebra dengan pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII MTs Nurul Falah. Jenis penelitian ini ialah Quasi eksperimen, dengan design The Randomized Posttest Only Control Design. Populasi pada penelitian ini adalah kelas VII. Sampel dipilih menggunakan teknik  simple random sampling berdasarkan uji normalitas, uji homogenitas, uji kesamaan rata-rata. Dari hasil tes awal dengan teknik Simple Random Sampling yang kemudian diperoleh kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan Uji-t diperoleh thitung > ttabel (6,668 > 1,998) dan Sig. < 0,05, yaitu 0,00 < 0,05 dengan (df) n-2 maka keputusan yang diambil adalah H1 diterima H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa “ Model pembelajaran Somatic Auditory Visualization Intellectually (SAVI) berbantuan aplikasi GeoGebra efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII MTs Nurul Falah”.   

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

equation

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Equation Journal is an open-access journal published by State Islamic University of Bengkulu (IAIN Bengkulu) twice in a year (March and September). This journal publishes original articles from literature studies or research results in the field of mathematics ...