Jurnal Desain dan Analisis Teknologi
Vol. 2 No. 2 (2023): Juli

Analisis Sentimen Ulasan Penjualan UMKM Sosial Melalui Media Dengan Crowdtangle masa Pandemi Covid19

Ridho, Muhammat Rasid (Unknown)
Arnomo, Sasa Ani (Unknown)
Fajrah, Nofriani (Unknown)
Fifi, Fifi (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jul 2023

Abstract

Pada saat terjadi bencana Covid 19 ini banyak beberapa negara melakukan lockdown dan membuat peraturan untuk melakukan jaga jarak, sehingga menyebabkan pemanfaatan sosial media naik signifikan. Peneliti mempunyai rencana untuk melihat pengguna media sosial melakukan ulasan maupun komenter dalam melakukan proses jual beli. Baik komentar positif maupun negatif akan kita kumpulkan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui cara peneliti melakukan pengumpulan data ulasan dari pelanggan, untuk mengetahui respon konsumen terhadap produk yang dijual oleh UMKM melalui sosial media Facebook. Metode yang dipakai adalah Analisis Sentimen dimana suatu tahapan guna menjawab dan menentukan angka opini maupun sentimen yang ada pada sebuah keadaan atau object yang dapat berwujud tulisan dan bisa dibedakan dalam sentimen negatif, positif, atau netral. Adapun hasilnya dari melakukan analisis sentimen pada penjualan produk UMKM di Kota Batam dapat dilihat tingkat untuk akurasinya 91% serta 0,97 UAC menggunakan metode Support Vector Machine.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JDDAT

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Decision Sciences, Operations Research & Management Engineering Industrial & Manufacturing Engineering

Description

JDDAT menyambut kiriman berkualitas tinggi, asli, dan sebelumnya tidak dipublikasikan dalam teori, praktik, dan aplikasi dari semua aspek penemuan pengetahuan dan penambangan data. Topik yang diutamakan adalah sebagai berikut: Advanced Topics in Software Engineering Data Mining Applications Data ...