MATHEMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA
Vol 5, No 2 (2023): MATHEMA

Deskripsi Kendala Guru Menerapkan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Pembelajaran Matematika

Farhana, Atika (Unknown)
Yuanita, Putri (Unknown)
Kartini, Kartini (Unknown)
Roza, Yenita (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Jul 2023

Abstract

Model pembelajaran PBL merupakan model pembelajaran yang menjadikan masalah sebagai dasar peserta didik dalam belajar. PBL merupakan salah satu model yang direkomendasikan oleh kurikulum, namun guru masih terkendala dalam menerapkannya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kendala yang dihadapi guru dalam penerapan model Problem Based Learning  pada pembelajaran matematika di tingkat SMP. Kendala dianalisis berdasarkan kesesuaian RPP serta LKPD dan pelaksanaan pembelajaran dengan tahapan model PBL. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan subjek penelitian yaitu 3 orang guru matematika SMP. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang ditemukan yaitu terdapat berbagai kendala yang menjadi hambatan guru dalam menerapkan model pembelajaran PBL dengan maksimal. Kendala tersebut dapat dilihat dari tidak sesuainya dari LKPD/LKS yang digunakan dengan model PBL serta terdapat beberapa kendala yang terjadi dalam pembelajarannya. Sehingga dapat disimpulkan bahwa memang benar adanya terdapat beberapa kendala dalam penerapan model PBL yaitu pada perencanaan dan penerapannya.Kata Kunci: Deskripsi kendala guru, Pembelajaran  Matematika, Model Problem Based Learning

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jurnalmathema

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika (E-ISSN: 2686-5823) is a single peer-reviewed journal published in Indonesia by the Faculty of Arts and Education, Universitas Teknokrat Indonesia. This journal aims to facilitate and promote the dissemination of scholarly information on research and development ...