MATHEMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA
Vol 5, No 2 (2023): MATHEMA

Penggunaan Video Pembelajaran Bermuatan Karakter Dalam Proses Pembelajaran Matematika

Risalah, Dewi (Unknown)
Cahyanita, Syelfiya (Unknown)
Muchtadi, Muchtadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Jul 2023

Abstract

Video pembelajaran merupakan alat yang efektif dalam memfasilitasi pembelajaran matematika yang menarik dan bermakna. Namun, untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, penting untuk memasukkan elemen bermuatan karakter ke dalam video pembelajaran tersebut. Video pembelajaran bermuatan karakter mengintegrasikan nilai-nilai positif dan sikap-sikap yang diharapkan, seperti kejujuran, kerjasama, ketekunan, dan rasa tanggung jawab, seiring dengan pembelajaran konsep matematika. Melalui video pembelajaran bermuatan karakter, diharapkan siswa akan lebih termotivasi untuk belajar matematika, meningkatkan keterlibatan mereka dalam pembelajaran, dan mengembangkan sikap yang positif dalam memecahkan masalah matematika.Penggunaan video pembelajaran juga dapat membantu tumbuhnya nilai-nilai karakter pada siswa. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa dengan penggunaan video animasi pada materi aritmatika sosial, siswa dapat lebih mudah memahami materi dan tumbuhnya nilai-nilai karakter. Dalam masa pandemi COVID-19, penggunaan media video pembelajaran juga dapat membantu meningkatkan hasil belajar siswa. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media video pembelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada masa pandemi COVID-19. Dari beberapa penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan video pembelajaran bermuatan karakter dapat membantu meningkatkan prestasi belajar matematis siswa dan tumbuhnya nilai-nilai karakter pada siswa. Oleh karena itu, penggunaan video pembelajaran dapat menjadi alternatif yang efektif dalam proses pembelajaran matematika.Kata Kunci: Karakter, Matematika, Video Pembelajaran.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jurnalmathema

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika (E-ISSN: 2686-5823) is a single peer-reviewed journal published in Indonesia by the Faculty of Arts and Education, Universitas Teknokrat Indonesia. This journal aims to facilitate and promote the dissemination of scholarly information on research and development ...