Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi
Vol. 2 No. 4 (2022): EduTIK : Agustus 2022

Pengaruh Pembelajaran Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Komputer dan Jaringan Dasar Siswa SMK

Moh Rafdi Riziq (Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado)
Alfrina Mewengkang (Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado)
Peggy Veronica Togas (Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pembelajaran Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Komputer dan Jaringan Dasar Siswa Kelas X TKJ SMK Negeri Motongkad. Penelitian ini merupakan penelitian pre eksperimental design. Jumlah populasi yang diambil adalah seluruh siswa kelas X TKJ SMK Negeri Motongkad yang berjumlah 32 siswa. Nilai rata-rata skor tes awal pretest sebelum diberikan perlakuan adalah 61.375. nilai skor minimum 50 dan maksimum 75. Untuk tes akhir posttest yang menggunakan pembelajaran Blended Learning memperoleh peningkatan nilai rata-rata 84.90625 nilai skor minimum 75 dan maksimum 95. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan pembelajaran Blended Learning berpengaruh terhadap hasil belajar Komputer dan Jaringan Dasar siswa kelas X TKJ SMK Negeri Motongkad.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

edutik

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Education Electrical & Electronics Engineering Other

Description

Jurnal Edutik merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado. Jurnal ini hadir sebagai wadah bagi para akademisi, peneliti, dan praktisi untuk mempublikasikan hasil penelitian yang berkontribusi dalam ...