Jurnal Kata: Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
Vol 3, No 5 (2015)

PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA DALAM BUKU TEKS MATEMATIKA KELAS VII TERBITAN KEMDIKBUD

Nurria Mafri Atun (Unknown)
Muhammad Fuad (Unknown)
Nurlaksana Eko Rusminto (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Nov 2015

Abstract

The purpose of this research was to describe the use of Indonesian language in the mathematic textbook for grade VII of Junior High School/Islamic Junior High School published by The Ministry of Education and Culture. The method used in this research was a qualitative descriptive method. The results showed that the use of Indonesian language in mathematic textbook had been in accordance with the norm of Indonesian language, but still contain (1) 7,36% imprecision of spelling; (2) 1,04% imprecision of diction; and (3) 5,62% imprecision of effective sentence.Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan penggunaan bahasa Indonesia dalam buku teks matematika untuk kelas VII SMP/MTs terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan bahasa Indonesia dalam buku teks matematika sudah sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia, tetapi masih terdapat (1) 7,36% ketidaktepatan ejaan; (2) 1,04% ketidaktepatan diksi; dan (3) 5,62% ketidaktepatan kalimat efektif.Kata kunci: bahasa Indonesia, buku teks matematika, penggunaan.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

BINDO1

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya) adalah jurnal yang mempublikasikan hasil penelitian bidang pendidikan bahasa dan sastra, meliputi linguistik teoritis, linguistik terapan, linguistik lintas disiplin, tradisi lisan, filologi, semiotika, sastra murni, sastra terapan, sastra lintas ...