Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan media edukasi kahoot terhadap motivasi belajar simulasi dan komunikasi digital siswa kelas X BDP SMK Negeri 2 Tondano. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Sampel dalam penelitian ini siswa kelas X BDP (32 respondent). Hasil penilitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media edukasi kahoot terhadap motivasi belajar simulasi dan komunikasi digital siswa kelas X BDP SMK Negeri 2 Tondano. berdasarkan persamaan analisis regresi linear sederhana diperoleh nilai Ŷ= 7.352+ 0,767x dimana penggunaan media edukasi sangat berpengaruh terhadap motivasi belajar simulasi dan komunikasi digital siswa kelas X BDP SMK Negeri 2 Tondano. Dari hasil korelasi menunjukkan nilai r = 0,700 membuktikan bahwa pengaruh antara penggunaan media edukasi kahoot (variabel X) terhadap motivasi belajar siswa (variabel Y) tergolong kuat. Berdasarkan signifikan Fhitung = 28,821 > FTabel = 4,17 Hasil yang diperoleh menyatakan bahwa ada pengaruh yang signifikan dalam penggunaan media edukasi kahoot terhadap motivasi belajar simulasi dan komunikasi digital siswa kelas X BDP SMK Negeri 2 Tondano. Pengaruh variabel (X) terhadap variabel (Y) adalah sebesar 49% sedangkan 51% di pengaruhi oleh faktor lain.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023