Al-Hijr: Journal of Adulearn World
Vol. 2 No. 2 (2023)

Analysis of Students' Difficulties in Determining the Main Idea in Reading Texts in Class V

rahma yunita (Universitas islam negeri mahmud yunus batusangkar)
safrizal (Unknown)
elis komalasari (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Aug 2023

Abstract

— Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan siswa pada saat Pembelajaran menentukan ide pokok. Tujuan peneliti ini digunakan untuk mengetahui permasalahan yang dialami siswa dalam pembelajaran menetukan ide pokok dalam sebuah teks. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus yang dipilih dengan teknik purposive sampling.Penelitian ini dilakukan terhadap guru kelas V dan siswa kelas V Di SD N 20 Paninjauan. Instrumen dari penelitian ini yaitu peneliti sendiri.Pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu wawancara dan dokumentasi, data dan informasi yang telah diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan model Milles and Huberman. Hasil penelitian, penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran muatan bahasa Indonesia kelas V dengan materi menentukan ide pokok hanya menggunakan metode ceramah serta dalam pelaksanaan pembelajaran kurang menggunakan media untuk menunjang proses pembelajaran.serta kemampuan siswa dalam membaca cepat tersebut sangat lah rendah. Dan dalam membaca teks terlalu panjang maka siswa kurang memahami kosa kata dalam teks tersebut.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

alhijr

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Al-Hijr: Journal of Adulearn World is a multi-disciplinary, peer-refereed open-access international journal which has been established for the dissemination of state-of-the-art knowledge in the field of education, teaching, development, instruction, educational projects and innovations, learning ...