Jurnal Mutiara Pendidikan
Vol. 3 No. 2 (2023): Agustus

MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK MELALUI METODE BERMAIN PERAN MAKRO DI KELOMPOK B PAUD ANNISA TAHUN 2022

Hermana, Siska Yulia (Unknown)
Nurhasanah (Unknown)
Rachmayani, Ika (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Aug 2023

Abstract

Perkembanagaan sosial emosional merupakan salah satu aspek perkembangan anak usia dini, di mana sosial emosional yaitu suatu proses perkembangan yang dilalui anak sejak kecil bahkan dari dalam kandungan yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana anak bertingkah laku serta bagaimana anak berinteraksi dengan orang lain. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan sosial emosional anak melalui metode bermain peran makro di kelompok B PAUD Annisa di Desa Surabaya Kecamatan Sakra Timur. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan Kemmis & Mc Taggart dan dilakukan tindakan sebanyak II siklus. Subyek dari penelitian ini yaitu anak-anak kelompok B2 PAUD Annisa yang berjumlah 12 orang dengan rasio 7 perempuan dan 5 laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu observasi dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil dan kesimpulan pada penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan sosial emosional anak pada kelompok B2 PAUD Annisa dari pra siklus hanya mencapai 16,67% meningkat pada siklus I menjadi 41,67% dan siklus II mencapai 83,33%, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui metode bermain peran makro dapat meningkatkan kemampuan sosial emosional anak kelompok B2 PAUD Annisa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JMP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Mutiara Pendidikan (JMP) merupakan wadah publikasi ilmiah bagi dosen, guru, mahasiswa, dan peneliti bidang anak usia dini, termasuk Pendidikan serta psikologis anak pada tahapan perkembangan ...