cover
Contact Name
Baik Nilawati Astini
Contact Email
nilawati@unram.ac.id
Phone
+6281803627606
Journal Mail Official
jmp_paud@unram.ac.id
Editorial Address
Kampus 2 Universitas Mataram Jl. Brawijaya No.22, Cakranegara Sel., Kec. Cakranegara, Kota Mataram, Nusa Tenggara Bar. 83233
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Jurnal Mutiara Pendidikan
Published by Universitas Mataram
ISSN : 28290348     EISSN : 2829033X     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Mutiara Pendidikan (JMP) merupakan wadah publikasi ilmiah bagi dosen, guru, mahasiswa, dan peneliti bidang anak usia dini, termasuk Pendidikan serta psikologis anak pada tahapan perkembangan tersebut.
Articles 142 Documents
PENGEMBANGAN KARTU ANGKA BERGAMBAR UNTUK PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DI TAMAN BARU MATARAM Baiq Laily Nurfiana; Nurhasanah Nurhasanah; Ika Rachmayani; I Nyoman Suarta
Jurnal Mutiara Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2021): Februari
Publisher : FKIP Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (214.481 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan kognitif anak melalui media kartu angka bergambar di Perumahan Taman Baru Mataram. kemampuan kognitif menggunakan media kartu angka bergambar yang bervariasi dan menarik sehingga dapat dengan mudah merangsang anak untuk lebih cepat mengenal angka dan mampu mengembangkan kemampuan kognitif anak. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Pada penelitian ini menggunakan tiga tahap pengembangan. Subjek dalam penelitian ini adalah anak usia 4-5 tahun. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah metode observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif.Penelitian ini menggunakan 7 langkah-langkah bermain kartu angka bergambar yang mampu mengembangkan kemampuan kognitif anak sebagai berikut: (a) Pertama-tama anak diminta untuk menggambil 2 kartu angka yang sudah disediakan (1-10) kemudian menunjukkan kartu angka yang lebih sedikit dan yang mana kartu angka yang lebih banyak. (b) Kemudian anak diminta membilang kartu angka dan kartu gambar dengan benar. (c) Kemudian anak diminta untuk membilang 1-10 dengan menggunakan kartu angka. (d) Selanjutnya mengurutkan lambang bilangan 1-10 dengan menggunakan kartu angka. (e) Anak diminta untuk menunjukkan lambang bilangan dengan menggunakan kartu angka. (f) Selanjutnya anak menggantungkan kartu angka dan kartu gambar pada papan gantung sesuai dengan jumlah kartu angka dan kartu gambar. (g) Kemudian anak menulis lambang bilangan 1-10 pada kertas yang sudah disediakan. Hasil persentase yang diperoleh Pada tahap pengembangan I persentase sebesar 37,5%, pengembangan II persentase sebesar 51,56% serta pengembangan III sebesar 82,82%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengembangan kartu angka bergambar dapat mengembangkan kemampuan kognitif anak usia 4-5 tahun di Perumahan Taman Baru Mataram, NTB.
PENGEMBANGAN TEKNIK MOZAIK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI DI TK ISLAM Fahruddin Fahruddin; Nurhasanah Nurhasanah; Baik Nilawati Astin; Laela Rizki Fitriana
Jurnal Mutiara Pendidikan Vol. 1 No. 2 (2021): Agustus
Publisher : FKIP Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (745.1 KB)

Abstract

Mengacu pada fenomena yang terjadi di lapangan, maka peneliti melakukan pengamatan di TK Islam Nurul Iman Sekarbela. Hasil pengamatan pada kegiatan awal bahwa anak kelompok B pada kesiapan anak 7 dari 15 murid kelas A tersebut memiliki masalah pada perkembangan motorik halus. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan teknik mozaik guna meningkatkan keterampilan motorik halus anak kelompok B di TK Islam Nurul Iman Sekarbela. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif deskriptif. Subyek penelitian berjumlah 7 anak. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan pada tahap ke-1, nilai rata-rata yang dicapai oleh ke-7 subyek penelitian adalah sebesar 79,6%. Pada tahap ke-2, nilai rata-rata yang dicapai oleh ke-7 subyek penelitian pada tahap ini sebesar 80,57%. Pada tahap ke-3, terdapat nilai rata-rata yang dicapai pada tahap ini sebesar 87,66%. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengembangan teknik mozaik dapat meningkatkan keterampilan motorik halus anak kelompok B di TK Islam Nurul Iman Sekarbela.
PENGEMBANGAN PERMAINAN ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 4-5 TAHUN DI DESA SURADADI KECAMATAN TERARA KABUPATEN LOMBOK TIMUR TAHUN 2020 Hilda Wardani; Baik Nilawati Astini; Ika Rachmayani; I Made Suwasa Astawa
Jurnal Mutiara Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2021): Februari
Publisher : FKIP Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (182.804 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini ialah mengetahui permainan ular tangga yang tepat untuk meningkatkan motorik kasar  anak  usia 4-5 tahun di Desa Suradadi Kecamatan Terara Kabupaten Lombok Timur.  Penelitian ini menggunakan dua belas langkah-langkah dalam bermain ular tangga yang mampu meningkatkan motorik kasar anak usia 4-5 Tahun di Desa Suradadi Kecamatan Terara Kabupaten Lombok Timur Tahun 2020.   Penelitian pengembangan dengan mengacu pada pendapat Borg & Gall. Subjek penelitian ialah anak usia 4-5 tahun di Desa Suradadi Kecamatan Terara Kabupaten Lombok Timur tahun 2020. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi, dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriftif kualitatif. Penelitian menggunakan tiga tahap pengembangan dengan enam kali pertemuan. Setiap tahap terjadi peningkatan dengan cara memodifikasi alat dan bahan, langkah-langkah main, serta aturan main. Hasil yang diperoleh pada tahap pengembangan I memperoleh nilai persentase sebesar (40,2%), pada tahap pengembangan II  meningkat lagi mencapai  (62,8%), di tahap pengembangan III (pertemuan  terakhir) sebesar (85,8%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui dua belas langkah bermain permainan ular tangga dapat meningkatkan motorik kasar anak usia 4-5 Tahun di Desa Suradadi Kecamatan Terara Kabupaten Lombok Timur, NTB Tahun 2020
MENGEMBANGKAN KREATIVITAS MEWARNAI MELALUI KEGIATAN STEMPEL DARI BAHAN TUMBUHAN PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN Marisa Fattahna; I Made Suwasa Astawa; Muazar Habibi; Ika Rachmayani
Jurnal Mutiara Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2021): Februari
Publisher : FKIP Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (286.831 KB)

Abstract

Kreativitas sangat penting untuk dikembangkan hal ini karena upaya anak untuk mengembangkan diri dan memecahkan masalah membutuhkan kreativitas. Kurangnya kemampuan mengekspresikan diri sehingga anak belum mampu mengembangkan kreativitas yang terdapat di Desa Seteluk sehingga tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan kreativitas mewarnai melalui kegiatan stempel dari bahan tumbuhan pada anak usia 5-6 tahun di Desa Seteluk  Kecamatan Seteluk tahun ajaran 2019/2020. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan. Subyek penelitian ini berjumlah 6 orang anak usia 5-6 tahun di Desa Seteluk Tengah Kecamatan Seteluk. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi, dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriftif kualitatif. Penelitian ini menggunakan uji pretest. Hasil yang diperoleh pada tahap uji pretest yang dilihat dari indikator yang belum berkembang sebesar dari hasil kelompok (41,10%) kemudian dilakukan evaluasi dari indikator yang belum berkembang yaitu anak belum membuat gambar bebas dari imajinasinya sendiri, anak belum mampu menggabungkan warna yang telah di buat untuk kegiatan stempel sehingga dilakukannya pemberian penguatan dan modifikasi alat serta bahan dengan memperbanyak bentuk stempel kemudian terjadi peningkatan pada uji post test memperoleh nilai sebesar (92,17%) kesimpulan subyek mengalami perkembangan kreativitas mewarnai melalui kegiatan stempel dari bahan tumbuhan pada anak usia 5-6 tahun.
PENGEMBANGAN TARI KREASI AWAS BATUR UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 5-6 TAHUN Baik Nilawati Astini; I Made Suwasa Astawa; I Nyoman Suarta; Ni Nyoman Satyani Gita Wedastri
Jurnal Mutiara Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2021): Februari
Publisher : FKIP Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (314.882 KB)

Abstract

Penelitian ini didasari oleh masih belum berkembangnya motorik kasar pada anak usia 5-6 tahun di Lingkungan Gedur Kelurahan Abian Tubuh Baru dalam hal melakukan koordinasi tangan kanan dan tangan kiri, melakukan koordinasi kaki kanan dan kaki kiri serta melakukan koordinasi antara gerakan mata, kepala dan tangan. Salah satu kegiatan menarik yang dapat membantu menstimulasi perkembangan motorik kasar pada anak adalah melalui kegiatan menari. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan tari kreasi awas batur untuk meningkatkan perkembangan motorik kasar anak usia 5-6 tahun di Lingkungan Gedur Kelurahan Abian Tubuh Baru. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Subyek penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun di Lingkungan Gedur Kelurahan Abian Tubuh Baru yang terdiri dari 3 orang anak perempuan. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Teknik analisis datanya yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Penelitian ini terdiri dari 3 tahap uji coba, dimana setiap uji coba terdiri dari 2 pertemuan. Hasil yang diperoleh pada 3 subyek selama 3 kegiatan yakni pada kegiatan I mencapai nilai rata-rata sebesar 46.7%, kegiatan II mencapai nilai rata-rata sebesar 70% dan kegiatan III  mencapai nilai rata-rata sebesar 82%. Sehingga bentuk dan langkah-langkah tari kreasi awas batur dapat meningkatkan perkembangan motorik kasar pada anak usia 5-6 tahun di Lingkungan Gedur Kelurahan Abian Tubuh Baru.
DAMPAK BELAJAR DARI RUMAH (BDR) PADA MASA COVID-19 TERHADAP KARAKTER ANAK USIA DINI Sofia Puspalaya; I Wayan Karta; Ika Rachmayani; Muazar Habibi
Jurnal Mutiara Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2021): Februari
Publisher : FKIP Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (264.163 KB)

Abstract

Banyaknya kendala yang terjadi dari sistem belajar dari rumah seperti banyaknya orang tua yang tidak bisa menggunakan gadget sehingga pembelajaran terhambat yang mengakibatkan anak lupa dengan kewajibannya. Oleh karena itu pengembangan karakter melalui penyisipan nilai karakter menjadi salah satu pilihan untuk mengatasi degradasi moral bangsa Indonesia di setiap usia, khususnya pada anak usia dini. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan belajar dari rumah di desa Teruwai selama COVID-19 dan mengetahui dampak yang terjadi pada saat pelaksanaan belajar dari rumah berlangsung. Manfaat dari penelitian ini diketahuinya dampak belajar dari rumah selama COVID-19 terhadap karakter anak di Desa Teruwai. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif bersifat deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, obervasi dan dokumentasi. objek dalam penelitian ini adalah 2 orang anak yang berumur 5-6 tahun dari 2 TK di Desa Teruwai. Analisis data yang di gunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini yaitu kurangnya kedisplinan anak, kurangnya sikap tanggung jawab dan kemandirian anak dalam mengerjakan tugas dikarenakan anak lebih senang bermain dan bahkan anak mengandalkan orang tua untuk mengerjakan tugas yang diberikan. Emosional anak kurang bisa dikendalikan diakibatkan jenuhnya anak ketika tidak bisa keluar dari lingkungan sekitar rumah. Tapi sosial anak meningkat dikarenakan selama BDR anak bermain dengan teman maupun keluarga.
PENGARUH MEDIA KARTU HURUF TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AWAL ANAK USIA DINI DI DESA REMPUNG Utsnani Qomari SP; Baik Nilawati Astini; Nurhasanah Nurhasanah; Fahruddin Fahruddin
Jurnal Mutiara Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2021): Februari
Publisher : FKIP Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (269.894 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media kartu huruf terhadap kemampuan membaca awal anak usia 5-6 tahun di lingkungan RW Derma Bakti Desa Rempung. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen bentuk Quasi eksperimen menggunakan desain One-Gruop Pretest-Posttest Design. Subjek penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun yang berjumlah 6 anak. Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji Normalitas mengunakan kolmogorov smirnov, uji Homogenitas menggunakan uji One Way Anova, selanjutnya uji hipotesis menggunakan Paired Sample t-test dengan bantuan SPSS Versi 16. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca awal anak usia 5-6 tahun di lingkungan RW Derma Bakti Desa Rempung sebelum adanya perlakuan dikatakan belum berkembang terlihat dari total skor keseluruhan pada pretets sebesar 197 dan posttest dengan total skor keseluruhan sebesar 307 yang selanjutnya dianalisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas serta uji t dengan hasil uji normalitas pretest sebesar 0, 191 dan nilai posttest sebesar 0, 200 yang keduanya > 0,05 yang berarti kedua data tersebut berdistribusi normal. Selanjutnya dilakukan uji Homogeitas menggunakan One Way Anova didapatkan hasil sebesar 0, 107 > 0,05 maka data memiliki varian yang homogen. Setelah data dinyatakan normal dan homogen maka dapat dilanjutkan dengan menggunakan uji hipotesis menggunakan Paired Sample t test terhadap nilai pretest dan posttest dengan hasil Sig. 2 tailed sebesar 0,000 < 0,05 yang menyebabkan Ha diterima dan H0 ditolak sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh penggunaan media kartu huruf terhadap kemampuan membaca awal anak usia 5-6 tahun di lingkungan RW Derma Bakti Desa Rempung.
PERAN ORANG TUA DALAM MEMBIMBING ANAK DINI BELAJAR DARING SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 Nur Fatihah Amalia; Fahruddin Fahruddin; Ika Rachmayani; Baik Nilawati Astini
Jurnal Mutiara Pendidikan Vol. 1 No. 2 (2021): Agustus
Publisher : FKIP Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Latar belakang masalah dari penelitian ini adalah pembelajaran daring menimbulkan adanya penyesuaian yang cu  kup berat bagi para orang tua dalam membimbing, mendampingi serta mengawasi anak selama proses belajar di rumah. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui peran orang tua dalam membimbing anak usia 4-5 tahun belajar daring selama masa pandemi Covid-19 di  Karang Taliwang tahun 2021. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Subyek penelitian berjumlah 3 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles and Huberman. Teknik keabsahan data ditempuh dengan beberapa teknik yang meliputi uji kredibilitas, uji transferabilitas, uji dependabilitas dan konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran orang tua terhadap anak dalam membimbing anak usia 4-5 tahun belajar daring selama masa pandemi Covid-19 di Karang Taliwang sangat baik dengan skor persentase rata-rata yang dicapai oleh ke-3 subyek penelitian ialah sebesar 89,28%. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa peran orang tua dalam membimbing anak usia 4-5 tahun belajar daring selama masa pandemi Covid-19 di Karang Taliwang tahun 2021 sudah sangat baik, para orang tua bersedia menemani dan membimbing anak selama proses pembelajaran daring, yang mana hal ini sangat berpengaruh bagi keberhasilan belajar anak selama masa pembelajaran.
PENGEMBANGAN PERMAINAN UNO STACKO TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DI MATARAM TAHUN PELAJARAN 2020/2021 Olyvia Vilanova Timur Saputri; Baik Nilawati Astini; Nurhasanah Nurhasanah; Ika Rachmayani
Jurnal Mutiara Pendidikan Vol. 1 No. 2 (2021): Agustus
Publisher : FKIP Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (258.745 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan permainan uno stacko dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun di TK IT An-Nahl Mataram tahun pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan, dengan tiga tahap pengembangan penelitian terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi/refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah 18 anak berusia 5-6 tahun. Metode pengumpulan data dalam penelitian yaitu metode observasi. Analisis data menggunakan analisis kualitatif deskriptif. Kemampuan kognitif anak dapat dikembangkan melalui permain uno stacko dengan langkah-langkah: (1) Menyiapkan alat permainan uno stacko seperti balok dan dadu (2) Pemain duduk berkelompok terdiri dari 4-5 orang (3) Pemain menyusun balok dengan cara ditumpuk ke atas dengan 3 balok pada tiap tumpukannya disusun menyilang dan disusun sesuai angkanya (4) Pemain yang mendapat giliran pertama memulai permainan dengan melempar dadu, dan menghitung jumlah mata dadu yang muncul (5) Pemain mengambil balok warna apa saja sesuai dengan jumlah mata dadu muncul (6) Permainan berakhir apabila menara roboh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan kognitif melalui permainan uno stacko. Peningkatan tersebut dilihat dari persentase 47,18% pada tahap pengembangan I menjadi 65,18% pada tahap pengembangan II dan pada tahap pengembangan III capaian perkembangan kognitif anak memenuhi capaian indikator keberhasilan dengan nilai rata-rata yaitu 78,98%.
HUBUNGAN ANTARA PENGGUNAAN GADGET DENGAN PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK KELOMPOK B DI MATARAM TAHUN 2021 Risha Ulfayana; Nurhasanah Nurhasanah; Baik Nilawati Astini; Ika Rachmawati
Jurnal Mutiara Pendidikan Vol. 1 No. 2 (2021): Agustus
Publisher : FKIP Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (260.857 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan positif dan signifikan antara penggunaan gadget dengan perkembangan sosial anak kelompok B di TK IT Anak Sholeh Mataram tahun 2021. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis korelasional. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah anak kelompok B di TK IT Anak Sholeh Mataram, sejumlah 28 orang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakanteknikproportionate stratified random sampling. Alat pengumpulan data berupa kuisioner dengan menggunakan skala Likert. Teknik analisis berupa uji prasyarat analisis dan uji hipotesis. Adapun uji prasyarat analisis meliputi: uji normalitas, uji homogenitas, dan uji linieritas. Sedangkan uji hipotesis menggunakan analisis korelasi. Hasil uji normalitas menunjukkan nilai p (0,089) > 0,05 artinya data bersifat normal. Hasil uji homogenitas menunjukkan nilai p (0,287) > 0,05 artinya data bersifat homogen. Hasil Uji linieritas menunjukkan nilai p (0,162) > 0,05 artinya data bersifat linier. Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai p (0,022) < 0,05 dan koefisien korelasi sebesar 0,432. Berdasarkan hasil uji hipotesis tersebut, hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi ada hubungan positif antara penggunaan gadget dengan perkembangan sosial anak kelompok B di TK IT Anak Sholeh Mataram Tahun 2021 diterima dan tingkat hubungan antara kedua variabel dapat dikatakan sedang.

Page 1 of 15 | Total Record : 142