Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan
Vol 3, No 4 (2023)

Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Contextual Teaching And Learning (CTL) Pada Pokok Bahasan Himpunan

Arisa, Resti (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2023

Abstract

Permasalahan yang ditemukan pada penelitian ini yaitu mengenai bahan ajar Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) yang masih jarang menggunakan materi himpunan. selain itu juga terdapat beberapa LKPD berbasis CTL pada materi himpunan yang kurang mampu membantu peserta didik dalam mengaitkan materi yang dipelajari dengan kehidupan nyata sehari-hari, soal-soal yang disajikan didalam LKPD juga masih belum sederhana sehingga menyulitkan siswa dalam memahami materi. Sehingga dari permasalahn tersebut muncul rumusan masalah yaitu bagaimana pengembangan LKPD berbasis CTL pada pokok bahasahimpunan, apakah LKPD berbasis CTL pada materi himpunan layak digunakan sebagai media pembelajaran? dan bagaimana respon peserta didik terhadap LKPD Berbasis CTL pada materi himpunan?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah LKPD bebasis CTL pada materi himpunan layak atau tidak dan untuk mengetahui respon peserta didik terhadap LKPD yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development atau R D) yang dimodifikasi menjadi 3-D. Subjek dari penelitian ini adalah dosen dan guru matematika yaitu sebagai validasi ahli materi dan media serta 10 orang peserta didik SMP Swasta PAB 3 Saentis. Objek dari penelitian ini adalah mengembangkan lembar kerja peserta didik berbasis contextual teaching and learning pada pokok bahasan himpunan. Instrumen penelitian ini adalah angket LKPD untuk validasi ahli dan respon peserta didik. Hasil kevalidan dapat diperoleh melalui penilaian ahli materi, ahli media dan peserta didik. Berdasarkan perhitungan rata-rata persentase para ahli penilaian yang diberikan oleh ahli materi adalah  82,9% dan penilaian yang diberikan oleh ahli media adalah 83,7% serta hasil penilaian dari respon peserta didik adalah 89,85%. Sehingga dapat dismpulkan bahwa LKPD Berbasis contextual teaching and learning pada pokok bahasan himpunan dinyatakan valid dan layak digunakan sebagai media pembelajarankarena telah memenuhi syarat kevalidan pada tabel yang digunakan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jimedu

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan [JIMEDU] adalah jurnal ilmiah yang dikelola oleh Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara dengan melibatkan seluruh komponen akademisi yang ada di fakultas keguruan dan ilmu pendidikabaik pendidikan secara umum, pendidikan bahasa inggris, bahasa indonesia, ...