Jurnal Informasi dan Komunikasi Administrasi (JIKAP)
Vol 7, No 4 (2023): Juli

Pengaruh gaya kepemimpinan dan komunikasi interpersonal kepala sekolah terhadap kinerja guru SMAN 6 Depok

Meta Savari (Gunadarma University)
Edy Prihantoro (Gunadarma University)



Article Info

Publish Date
04 Aug 2023

Abstract

Abstrak: Guru mempunyai peran dalam meningkatkan sumber daya manusia dan mempunyai hak strategis untuk menyajikan materi dalam kegiatan belajar mengajar, sehingga guru merupakan aset penting yang dimiliki oleh lembaga pendidikan tingkat sekolah. Keberhasilan sumber daya manusia di SMAN 6 Depok harus diimbangi dengan jumlah guru yang dinilai dari kinerjanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah dan komunikasi interpersonal pada masa pandemi COVID-19 terhadap kinerja guru di SMAN 6 Depok. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Sampel penelitiannya adalah seluruh guru di SMAN 6 Depok yaitu 54 responden. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru yang ditunjukkan dengan nilai t hitung sebesar 2,327 > t tabel (2,00665) dan sig. 0,001 < 0,05 (2) Terdapat pengaruh yang signifikan komunikasi interpersonal kepala sekolah terhadap kinerja guru yang ditunjukkan dengan nilai t hitung sebesar 3,38 > t tabel (2,001) dan sig. 0,02 < 0,05; (3) Terdapat pengaruh yang signifikan gaya kepemimpinan kepala sekolah dan komunikasi interpersonal sekolah terhadap kinerja guru yang ditunjukkan dengan nilai F hitung 36,51 > t tabel (3,18) dan sig. 0,00< 0,05.Kata Kunci: hubungan interpersonal; model kepemimpinan; prestasi guruAbstract: Teachers have a role in improving human resources and have a strategic right to present material in teaching and learning activities, so teachers are critical assets owned by school-level educational institutions. The success of human resources at SMAN 6 Depok must be balanced with the number of teachers judged by their performance. This study aims to determine the influence of the principal's leadership style and interpersonal communication during the COVID-19 pandemic on teacher performance at SMAN 6 Depok. This research uses quantitative research. The research sample was all teachers at SMAN 6 Depok, namely 54 respondents. The analytical technique used in this research is multiple linear regression analysis. The results of the study show: (1) There is a significant influence of the principal's leadership style on teacher performance, as indicated by the t arithmetic value of 2.327 > t table (2.00665) and sig. 0.001 <0.05 (2) There is a significant effect of principal interpersonal communication on teacher performance, as indicated by the t count value of 3.38 > t table (2.001) and sig. 0.02 < 0.05; (3) There is a significant influence of the principal's leadership style and school interpersonal communication on teacher performance, as indicated by the F arithmetic value of 36.51 > t table (3.18) and sig. 0.00< 0.05.Keywords: interpersonal relationships; leadership model; teacher achievement

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIKAP

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

JIKAP (Jurnal Informasi Dan Komunikasi Administrasi Perkantoran) berisi artikel tentang hasil pemikiran dan hasil penelitian di bidang bidang komunikasi, administrasi perkantoran dan ...