Jurnal MathEducation Nusantara
Vol 6, No 2 (2023): July 2023

Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Negeri 1 Sosopan

Hotni Leli Pramita Hasibuan (Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah)
Cut Latifah Zahari (Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah)



Article Info

Publish Date
29 Jul 2023

Abstract

Rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis yang dimiliki siswa SMP berdasarkan hasil observasi menjadi dasar dibuatnya penelitian ini. Tujuan utama pada penelitian ini adalah membuat perangkat pembelajaran berbasis Problem Based Learning (PBL) yang memiliki kriteria valid, praktis, dan efektif guna memberikan fasilitas aktivitas belajar dan kemampuan pemecahan masalah matematis. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian pengembangan model Plomp dengan tiga tahap yakni: preliminary investigation, prototyping stage, dan assessment phase. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 1 Sosopan. Instrumen penelitian adalah berupa wawancara, angket, soal, dan dokumentasi. Metode penelitian ini adalah Mix Method yaitu menggabungkan metode penelitian kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian setelah dilakukan perhitungan menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa RPP dan LKPD memiliki kriteria valid masing-masing (89,77 % dan 87,73%), praktis masing-masing (87% dan 86,85% untuk kelompok kecil) dan (88,1% dan 88,02% untuk kelompok besar), dan efektif yang dilihat dari keberhasilan hasil uji tes yang diberikan kepada siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JMN

Publisher

Subject

Education Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Jurnal MathEducation Nusantara berfokus pada publikasi hasil penelitian ilmiah pada bidang pendidikan matematika. Artikel yang dipublikasikan merupakan hasil dari civitas akademika internal dan eksternal Universitas Muslim Nusatara Al Washliyah khususnya pada bidang pendidikan matematika. Jurnal ini ...