Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat penerapan metode pembelajaran Quis Team, serta pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti di SMAN 1 Lingsar yang dilatarbelakangi adanya dugaan mengenai rendahnya tingkat hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti di SMAN 1 Lingsar. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah kurangnya variasi penggunaan metode pembelajaran oleh Guru. Rancangan penelitian ini menggunakan metode eksperiment one group pretest-posttest design, menggunakan satu grup sampel yang diberikan tindakan berupa penerapan metode pembelajaran Quis Team metode pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket) tertutup dan tes (pretest dan posttest). Teori yang digunakan dalam merumuskan hipotesis penelitian ini berupa teori beban kognitif, motivasi (Mc Clelland) dan kontruktivisme. Teknik penentuan sampel berdasarkan kriteria tertentu yang berjumlah 31 orang siswa. Hasil nilai Angket dan Tes dari 31 responden selanjutnya dilakukan uji prasyarat untuk mengetahui normalitas data dan homogenitas data, data yang berdistribusi normal selanjutnya dianalisis menggunakan uji statistik parametrik t-test. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa tingkat penerapan metode pembelajaran Quis Team memiliki tingkat penerapan yang sangat tinggi, serta adanya perbedaan yang signifikan pada tingkat hasil belajar siswa sebelum dan setelah diberikannya penerapan metode pembelajaran Quis Team. Hasil perhitungan menggunakan SPSS 26 menunjukan nilai t-hitung 12,693 > t-tabel 2,042 yang artinya signifikan. Hal tersebut diartikan penelitian ini menerima hipotesis alternatif (Ha) dan menolak hipotesis nol (H0) yang artinya terdapat pengaruh signifikan penerapan metode pembelajaran Quis Team terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti di SMAN 1 Lingsar.
Copyrights © 2023