Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membuat kalimat tanya melalui permainan “Loncat Sepatu” kelas II C di SDN Sarirejo Kartini, Semarang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur pelaksanaan dalam penelitian ini melalui tahapan-tahapan yang meliputi : perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflectig). Jenis data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif berasal dari hasil wawancara terhadap guru, observasi terhadap siswa, sedangkan data kuantitatif diperoleh dari hasil tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I hasil observasi terhadap siswa mendapatkan skor 26 atau 46% kategori cukup dan hasil tes evaluasi memperoleh ketuntasan klasikal 27,3% dan tidak tuntas sebesar 72,7%. Sedangkan pada siklus II terdapat peningkatan dalam observasi terhadap siswa yang memperoleh skor 45 atau 80% kategori sangat baik dan hasil tes ketuntasan klasikal sebesar 81,8% dan tidak tuntas 18,2%. Penerapan “Loncat Sepatu” dapat meningkatkan keaktifan dalam proses pembelajaran dan tes hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian adanya peningkatan dalam membuat kalimat tanya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui permainan “Loncat Sepatu”.
Copyrights © 2023