ELIPS: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 4 No 2 (2023): ELIPS, September 2023

PENERAPAN FUZZY LOGIC MAMDANI UNTUK MENENTUKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP

Sudrajat Sudrajat (Universitas Negeri Yogyakarta)
Sherlia Agustiani (Universitas Negeri Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
16 Sep 2023

Abstract

ABSTRAK Pengukuran prestasi belajar matematika digunakan untuk menentukan tingkat keberhasilan siswa dalam belajar matematika dan mendiagnosis pemahaman siswa terhadap matematika serta membantu siswa agar mendapatkan hasil yang baik. Fuzzy logic salah satu solusi untuk mengukur prestasi belajar matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan prestasi belajar matematika siswa SMP dengan menerapkan fuzzy logic mamdani. Metode penelitian yang digunakan yaitu kajian pustaka dan pengumpulan data-data sekunder dari sekolah. Model Inferensi fuzzy yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode mamdani. Defuzifikasi pada penelitian ini menggunakan metode centroid. Analisis data menggunakan bantuan software Matlab R2015a. Variabel linguistik dalam penelitian ini terdiri dari variabel input dan variabel output. Variabel input yaitu ulangan harian, penilaian tengah semester, tugas-tugas harian dan penilaian akhir semester, sedangkan variabel output-nya adalah prestasi belajar matematika siswa SMP. Hasil penelitian diperoleh (1) Penerapan fuzzy logic mamdani dapat dilakukan untuk menentukan prestasi belajar matematika siswa SMP dengan input data ulangan harian, penilaian tengah semester, tugas-tugas individu dan penilaian akhir semester. (2) Berdasarkan nilai input data ulangan harian, penilaian tengah semester, tugas-tugas dan penilaian akhir semester memperoleh hasil sebesar 26% dengan kriteria prestasi belajar matematika siswa termasuk kedalam kriteria kurang. (3) Berdasarkan asumsi dari guru dan hasil uji menggunakan matlab R2015a dengan metode mamdani mendapatkan hasil yang sama bahwa prestasi belajar matematika siswa termasuk kedalam kategori kurang.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ELIPS

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Elips: Jurnal Pendidikan Matematika menerbitkan hasil penelitian yang original, dan atau naskah kajian teoritis dalam bidang matematika dan pendidikan matematika, tentang masalah terkini, yang dilakukan oleh: (1) Pengajar di tingkat Sekolah Dasar dan Menengah, serta Perguruan Tinggi, (2) Pengamat ...