Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 12, No 1 (2023): Ceria Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

OPTIMALISASI KEMAMPUAN MENYIMAK MELALUI METODE BERMAIN PERAN PADA ANAK USIA DINI

Titi Rachmi (Unknown)
Nurul Fitria Kumala Dewi (Unknown)
Chahaya Fuzi Astuti (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan hasil pengamatan peneliti pada anak usia dini. Pada penelitian in ditemukan beberapa anak yang mengalami kesulitan dalam mengembangkan kemampuan menyimak seperti belum mampu melaksanakan perintah dari guru, belum fokus menyimak alur cerita, belum mampu merespon pertanyaan dari guru tentang alur cerita yang dijelaskan, serta kesulitan mengajukan pertanyaan dan menjawab pertanyaan mengenai alur serita sehingga mengakibatkan anak menjadi kurang percaya diri karena ketidakmampuan dalam berinteraksi dengan lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode bermain peran mampu meningkatkan kemampuan menyimak pada anak usia dini dan untuk mengetahui bagaimana cara meningkatkan kemampuan menyimak melalui metode bermain peran. Metode yang digunakan adalah Classroom Action Research dengan memakai tiga siklus. Subjek penelitian adalah anak usia 4-5 tahun berjumlah tujuh orang. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan awal anak sebelum tindakan rata-rata 30%, setelah tindakan siklus I menunjukkan hasil rata-rata persentase 56%, setelah tindakan siklus II mengalami peningkatan sebesar 58% dan setelah tindakan siklus III mengalami 87 % dengan kriteria berkembang sangat baik. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu kemampuan menyimak anak usia dini dapat meningkat dengan menggunakan metode bermain peran. Kata kunci: Kemampuan menyimak, Metode Bermain Peran, Anak Usia Dini

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ceria

Publisher

Subject

Education Other

Description

Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini memiliki fokus dalam penelitian dalam bidang pendidikan dan anak usia dini. Artikel ilmiah yang termasuk dalam jurnal ini adalah metode pengajaran, media pembelajaran, permasalahan anak usia dini dalam pendidikan, dan hal lain yang terkait pada ...