Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen dan Akuntansi (JEBMA)
Vol. 3 No. 2 (2023): Article Research Volume 3 Issue 2, July 2023

Analisis Bibliometrik Diterapkan Untuk Mengkaji Penerapan Pemasaran Online Dalam Pengembangan Bisnis UMKM

I Dewa Made Yuda Mahendra (Universitas dr Soebandi)
Stivaniyanti Atmanegara (Universitas Dr Soebandi)
M.Habibullah Arief (Universitas Dr Soebandi)



Article Info

Publish Date
09 Aug 2023

Abstract

Peningkatan digitalisasi dalam strategi pemasaran untuk mendukung pertumbuhan bisnis UMKM. Keberadaan pemasaran onlineyang penting dalam menghubungkan produsen dan konsumen guna memperkenalkan serta memasarkan produk UMKM. Pertumbuhan media sosial yang meningkat di era saat ini dan mencakup semua lapisan masyarakat. Pemanfaatan teknologi internet digital dan media sosial untuk meningkatkan bisnis UMKM secara optimal. Penggunaan data dalam riset menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan pendekatan bibliometrik dan bantuan software VOSviewer. Penggunaan sumber data dari Google Scholar. Metode pengumpulan data menggunakan pendekatan data sekunder. Jumlah metadata yang terkumpul mencapai 997 artikel. Temuan penelitian ini mengindikasikan minat beberapa penulis terhadap topik Implementasi Pemasaran onlinedalam Perkembangan bisnis UMKM mengalami peningkatan dari tahun 2022 hingga 2023, terutama selama masa pandemi Covid-19, dan dapat mengidentifikasi istilah kunci yang sering muncul dan saling terkait sebagai acuan untuk penelitian berikutnya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jebma

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen dan Akuntansi (JEBMA) adalah Jurnal Nasional dalam bidang ilmu ekonomi bisnis, manajemen dan akuntansi. JEBMA terbit tiga kali setahun, yaitu pada bulan Maret, Juli dan November. JEBMA bertujuan untuk mempromosikan hasil penelitian di bidang ekonomi bisnis, manajemen ...