Kegiatan pada Sekretariat Daerah Kabupaten Bengkulu Tengah sudah mulai terdigitalisasi dan online. Sebagai pendukung sarana dalam bekerja, pegawai Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkulu Tengah dituntut menguasai Microsoft Office dan Internet Troubleshooting. Kondisi saat ini, kemampuan Staf Sekretariat daerah masih dikatakan kurang atau masih pada kemampuan dasar. Keterbatasan pengetahuan tersebut dikarenakan belum adanya pelatihan yang memadai terhadap Staf Sekretariat Daerah Pemerintah Kabupaten Bengkulu Tengah. Sehingga pelayanan kepada masyarakat dan pembuatan laporan atau surat menyurat memerlukan waktu yang lumayan lama. Oleh karena itu, Pelatihan Microsoft Office dan Internet Troubleshooting perlu diberlakukan untuk menunjang kinerja pegawai pada Staf Sekretariat Daerah Pemerintah Kabupaten Bengkulu Tengah. Metode yang dilakukan dalam pengabdian ini adalah dengan melakukan pendampingan praktik langsung kepada peserta. Pengukuran atas pemahaman terkait dengan materi yang disampaikan akan dilakukan dengan menggunakan kuesioner online. Khalayak sasaran pada pengabdian ini adalah 22 orang Perwakilan Staf Sekretariat Daerah Pemerintah Kabupaten Bengkulu Tengah. Hasil evaluasi setelah pelatihan menyatakan 89.5% peserta mampu menggunakan fungsi mailing merge, 78.9% mampu mengoperasikan Ms.Access dan 57.9% mampu untuk menyelesaikan masalah troubleshooting pada jaringan.
Copyrights © 2023