JES-MAT (Jurnal Edukasi dan Sains Matematika)
Vol. 9 No. 2 (2023): Jurnal Edukasi dan Sains Matematika (JES-MAT)

EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN SLICE FRACTION TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA SOAL HOTS

Lestari, IIn (Unknown)
Ardani, Anwar (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2023

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu tujuan pembelajaran matematika yang harus dicapai siswa. Namun, permasalahan muncul terkait rendahnya kemampuan siswa dalam pemecahan masalah matematika. Salah satu solusi yang bisa diterapkan adalah dengan menggunakan model PBL berbantuan Slice Fraction. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan model PBL berbantuan Slice Fraction lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang pembelajarannya dengan model pembelajaran konvensional. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Kaliwadas. Teknik sampling yang digunakan adalah probability sampling yaitu cluster sampling. Data dikumpulkan melalui tes dan observasi, yang kemudian dianalisis menggunakan uji independent sample t test. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan model PBL berbantuan Slice Fraction lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang pembelajarannya dengan model pembelajaran konvensional.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JESMath

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Edukasi dan Sains Matematika (JES-MAT) (p-ISSN: 2460-8904, e-ISSN: 2621-4202), is an electronic journal, provides a forum for publishing the original research articles, review articles from contributors, and the novel technology news related to mathematics education. This journal is designed ...