Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk menganalisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal teori grafik. Penelitian ini dilakukan di Universitas Islam Ahmad Dahlan Sinjai. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Tadris Matematika Universitas Islam Ahmad Dahlan semester VI yang sedang belajar mata kuliah Teori Graph. Pengambilan subjek dengan menggunakan teknik purposive sampling yang mengambil secara acak subjek yang akan diteliti sesuai dengan tujuan peneliti berdasarkan hasil pertimbangan, komunikasi, saran serta ide dari dosen pengampuh mata kuliah teori grafik. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini observasi, tes diagnostik, wawancara, dan dokumentasi hasil tes diagnostik soal teori grafik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis-jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal teori graf antara lain : (1) Kesalahan dalam memahami konsep yaitu kurang memahami terkait komponen graf dan jenis-jenis graf, (2) Kesalahan dalam membaca soal karena kurang teliti, terburu-buru -buru dan tidak mencermati soal dengan baik, (3) Kesalahan dalam memahami soal yakni terjadi karena kurangnya pemahaman konsep sehingga tidak paham dengan maksud dan perintah soal, (4) Kesalahan keterampilan proses pengerjaan yakni terjadi karena kesalahan konsep, kesalahan membaca soal dan kesalahan memahami maksud soal, (5) Kesalahan penulisan jawaban yakni kesalahan yang terjadi karena proses pengerjaan yang kurang tepat. Dapat dilihat jawaban subjek 1 pada nomor 1, bagian a sampai e, melakukan kesalahan K2, K4, dan K5. Sedangkan subjek 2 melakukan kesalahan K1, K3, K4, dan K5.
Copyrights © 2023