Al-Minhaj
Vol 2 No 4 (2020): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam

Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII UPT SMPN 7 Satap Maiwa

Suharni (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Feb 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi mengagungkan Allah dengan tunduk pada perintahNya, mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui model pembelajaran problem based learning. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah fase D kelas VII UPT SMPN 7 Satap Maiwa, yang terdiri dari 15 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh yaitu penerapan model pembelajaran problem based learning berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi mengagungkan Allah dengan tunduk dan pqtuh pada perintahNya. Sebelum model pembelajaran problem based learning hasil belajar peserta didik secara klasikal masih belum mencapai maksimal, itu di lihat dari hasil peserta didik pada Pra siklus yaitu pencapaian KKTP hanya (54%) Setelah diterapkannya model pembelajaran problem based learning tersebut pada siklus I sebanyak 10 peserta didik (62%) yang sudah mencapai KKTP dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 72. dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 15 peserta didik (100%) mencapai KKTP dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 87. Peserta didik lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena model ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

alminhaj

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Al-Minhaj Jurnal Pendidikan Islam adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Prodi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Amai Gorontalo yang mempublikasikan tulisan ilmiah dosen, guru, mahasiswa dan peneliti. Terbit dua kali dalam satu tahun setiap 6 bulan ...