Al-Minhaj
Vol 2 No 4 (2020): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam

Meningkatkan Hasil Belajar Akidah Akhlak Melalui Strategi Number Head Together Siswa Kelas Vi Mi Darun Najah Sungai Pandan Hilir Kabupaten Hulu Sungai Utara

Rasyidah (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Feb 2022

Abstract

Proses pembelajaran keberhasilannya ditentukan oleh seorang guru di dalam kelas, dimana strategi pembelajaran adalah salah satu faktor pendorong tercapainya hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui diskripsi tentang gambaran aktifitas belajar siswa, gambaran kinerja guru, dan peningkatan hasil belajar siswa tentang Akhlak Terpuji dengan menggunakan strategi Number Head Together di kelas VI MI Darun Najah Sungai Pandan Hilir Kabupaten Hulu Sungai Utara. Strategi Number Head Together adalah aktivitas belajar siswa yang menghendaki kemampuan kreativ siswa dan mengubah pola interaksi sosial siswa agar mampu merangsang keaktifan siswa dalam belajar. Pada siklus I aktivitas siswa menunjukkan nilai 80 dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 90. Sedangkan hasil belajar pada siklus I menunjukkan rerata 77dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi rerata 89. Hasil kinerja guru juga meningkat, dilihat dari siklus I menunjukkan nilai 87,5 dan pada siklus II menjadi 91,66. Dapat disimpulkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan strategi number head together meningkat dengan baik dengan rerata siklus adalah 83

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

alminhaj

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Al-Minhaj Jurnal Pendidikan Islam adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Prodi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Amai Gorontalo yang mempublikasikan tulisan ilmiah dosen, guru, mahasiswa dan peneliti. Terbit dua kali dalam satu tahun setiap 6 bulan ...