Al-Minhaj
Vol 2 No 4 (2020): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam

Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Metode Bercerita Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Materi Asmaul Husna di Kelas VII MTs Al-Khairaat Salakan

Suludani, Sudirman (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Feb 2022

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya peserta didik yang masih kesulitan dalam menghafal serta memahami arti nama-nama Allah SWT dalam Asmaul husna, siswa kurang terlibat aktif siswa dalam proses pembelajaran, dan masih rendahnya nilai rata-rata peserta didik dalam mengusai materi asmaul husna. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Tiap-tiap siklus dilakukan secara berdaur yang terdiri atas empat tahap yaitu: perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini bertujan untuk mengetahui proses Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Metode Bercerita pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Materi Asmaul Husna di Kelas VII MTs Al-Khairaat Salakan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya kenaikan atau peningkatan dari siklus I ke siklus II. Perolehan nilai rata-rata siklus I 76.84 dan perolehan nilai rata- rata siklus II 85.39. Dengan persentase kenaikan nilai rata-rata keseluruhan pertemuan adalah sebesar 8.55%. Peserta didik juga menunjukkan keaktifannya dalam kelas pada saat proses pembelajaran Akidah Akhlak dengan menggunakan metode cerita dan selalu aktif menjawab pertanyaan lisan guru dan begitu pun sebaliknya peserta didik selalu aktif untuk bertanya terkait dengan tema pembelajaran, baik itu dalam memperhatikan penjelasan guru maupun pada saat diskusi kelompok. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti didapatkan hasil bahwa pembelajaran Akidah Akhlak khususnya pada materi Asmaul Husna menggunakan metode cerita lebih efektif dan efisien untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah direncanakan

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

alminhaj

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Al-Minhaj Jurnal Pendidikan Islam adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Prodi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Amai Gorontalo yang mempublikasikan tulisan ilmiah dosen, guru, mahasiswa dan peneliti. Terbit dua kali dalam satu tahun setiap 6 bulan ...