Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Di Bidang Administrasi Pendidikan
Vol 11, No 2 (2023): Oktober

PENGARUH KONSELING TEKNIK ASSERTIVE TERHADAP KECEMASAN SOSIAL SOSIAL PADA SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 JANAPRIA

Yuni Mardiana (Undikma)
Ani Endriani (Undikma)



Article Info

Publish Date
10 Oct 2023

Abstract

Abstract: the purpose to be achieved in this study is to know the effect of assertive counseling techniques on social anxiety in Class XI IPS students in SMAN 1 Janapria. The data collection method used is questionnaire as the main method, observation, interview and documentation as a complementary method by using the design of one group pre-test and post-desigen test. In this study the study population was 80 students and 6 students who had high levels of social anxiety. Sampling techniques used are purposive samples and for data analysis using the T-test formula. Based on the results of data analysis, obtained t-count value of 8.531 with T-table value at the level of signitifikansi 5% with db (N-1) = 5 of 2.571. Thus the value of t-count is greater than the T-table (8.531 > 2.571) so that it can be concluded that there is an effect of assertive counseling techniques on social anxiety in Class XI IPS students in SMAN 1 Janapria, then the results of this study were declared “signitifikan”.Keywords: Assertive counseling techniques, social anxiety.Abstrak: Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahmui pengaruh konseling teknik assertive terhadap kecemasan sosial pada siswa kelas XI IPS di SMAN 1 Janapria. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket sebagai metode pokok, observasi, wawancara dan dokumentasi sebagai metode pelengkap dengan menggunakan rancangan one group pre-test and post-tes desigen. Dalam penelitian ini populasi penelitian berjumlah 80 siswa dan 6 siswa yang memiliki kecemasan sosial tingkat tinggi. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampel dan untuk analisis data menggunakan rumus t-test. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh nilai  t-hitung sebesar 8,531 dengan nilai t-tabel pada taraf signitifikansi 5% dengan db (N-1) = 5 sebesar 2,571. Dengan demikian nilai t-hitung  lebih besar dari pada t-tabel (8,531 > 2,571) sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa ada pengaruh konseling teknik assertive terhadap kecemasan sosial pada siswa  kelas XI IPS di SMAN 1 Janapria, maka hasil penelitian ini dinyatakan “signitifikan”.Kata Kunci: Konseling Teknik Assertive, kecemasan sosial.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

visionary

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

Focus and Scope Jurnal Visionary merupakan jurnal penelitian dan pengembangan di bidang administrasi pendidikan, artikel yang dimuat dalam jurnal ini adalah hasil penelitian, hasil kajian pustaka, hasil pengembangan, dan hasil penelusuran IPTEK menggunakan metode ilmiah. Scope bidang keilmuan yaitu ...