Mata pelajaran IPA ialah mata pelajaran yang membutuhkan banyak media pembelajaran sebagai penunjang materi ajar bahkan pada umumnya dapat dikatakan bahwa materi IPA tidak dapat dipahami dengan baik apabila tanpa bantuan media pembelajaran. Media pembelajaran yang digunakan meliputi, media pembelajaran di dalam kelas seperti LCD komputer untuk menayangkan contoh visualisasi dari proses pembelajaran, dan penggunaan media lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA tingkat SD, SMP, maupun SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah meta-analisis dengan melakukan telaah terhadap 20 artikel yang terbit di jurnal nasional yang berkaitan dengan penelitian ini. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dimana penelitian ini memadukan hasil penelitian untuk mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis, penggunaan berbagai media pembelajaran IPA menggunakan nilai pretest dan posttest siswa. Hasil effect size menunjukkan nilai rata-rata 1.1 dengan kategori efek sangat besar. Hal ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan media pembelajaran lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA.
Copyrights © 2021