Munasabah merupakan salah satu cabang ilmu dari ulumul Qur’an yang memiliki kedudukan yang urgen dalam proses penafsiran ayat. Dengan mempelajarinya dapat memberikan kejelasan dan kejelian dalam melihat hubungan antara ayat dengan ayat, kalimat, surah dan kandungan yang ada di dalamnya. Dengan memperhatikan kaidah-kaidah dalam pengambilan munasabah seperti memperhatikan am. khas, aqli, hissi, sebab dan musabab, persamaaan dan pertentangan. Namun munasabah bersifat ijtihad yaitu hanya dilakukan oleh para mufassir yang membidangi beberapa cabang ilmu. Proses munasabah harus memperhatikan kaidah-kaidah yang telah ditetapkan guna memberikan pemahaman yang lebih luas dan terperinci. Sehingga terhindar dari kesalahan atau berlebihannya dalam menafsirkan suatu ayat. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi pustaka (Library research), sedangkan jenis penelitian ini berdasarkan studi kewahyuan dan teknik yang digunakan ialah teknik analisis isi yang bertujuan meninjau konsistensi dalam sebuah teks yang terjabarkan dalam pola-pola yang terstruktur guna memberikan hasil secara ilmiah dan akurat. Hasil penelitian menunjukan bahwa munasabah pada ayat-ayat pendidikan memberikan penjelasan secara kompreherensif dan terperinci dalam mengkaji setiap ayat, kalimat dan surah di dalam al-Qur’an.
Copyrights © 2021