Ta'diban: Journal of Islamic Education
Vol 1 No 2 (2021): Januari - Juni

Pengaruh Penerapan Model CTL Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas V SD Islam Integral Luqman Al-Hakim 02 Batam

Sari Mahwati Hasibuan (Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Hidayatullah Batam)
Nuri Afdila (Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Hidayatullah Batam)



Article Info

Publish Date
15 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang dilaksanakan di SD Islam Integral Luqman AL-Hakim 02 Batam ini dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS. Populasi penelitian ini adalah kelas V yang berjumlah 22 siswa. Analisis instrument menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Hasil uji validitas penelitian ini menggunakan SPSS 21 for windows dengan 5 soal valid dari 10 soal, sedangkan uji reliabilitas Cronbach Alpha dengan koefisien reliabilitas 0,721 harga koefisien reliabilitas ini lebih besar dari rtabel pada tarif signifikan 5% sebesar 0,297, sehingga instrumen tersebut bersifat reliabel. Hasil pengujian normalitas diketahui bahwa masing-masing variabel memiliki nilai kurang dari 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa variabel penelitian ini berdistribusi tidak normal. Hasil pengujian Homogenitas nilai Signifikan sebesar 0,268 > 0,05 sehingga data yang diuji bersifat homogen. Hasil penelitian uji Hipotesis nonparametris menggunakan korelasi Non-Parametris Kendal-Tau. Menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang kuat antara variabel penerapan model pembelajaran CTL dengan hasil belajar siswa berdasarkan taraf signifikan p < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara penerapan model pembelajaran CTL dengan hasil belajar

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

tadibanjournals

Publisher

Subject

Religion Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Ta’diban: Journal of Islamic Education adalah Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah yang fokus pada pendidikan anak dari berbagai aspek dan perspektif. Jurnal ini berisi tulisan tentang gagasan konseptual, kajian dan penerapan teori, penulisan praktis dan hasil penelitian ...