Ta'diban: Journal of Islamic Education
Vol 3 No 1 (2022): Juli - Desember

Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru

Juni Mahanis (Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Hidayatullah Batam)
Nurfadillah Hasan (Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Hidayatullah Batam)



Article Info

Publish Date
19 Aug 2022

Abstract

Kepala sekolah diharapkan mampu meningkatkan produktivitas sekolah, memberikan pembinaan kepada tenaga pendidik dan tenaga kepedidikan dalam meningkatan kompetensi yang akan mendukung dalam menjalankan tanggung jawab yang lebih bermutu. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, dengan subjek penelitian kepala sekolah, Wakil bidang kurikulum dan guru. Pengambilan sampel dengan teknik Proposive Sampling. Hasil data menunjukan Strategi kepemimpinan kepala sekolah ialah dengan (1) Membimbing, mengarahkan, dan memotivasi guru untuk selalu bersemangat dalam melaksanakan pembelajaran, (2) Mengikutsertakan MGMP, Pelatihan-pelatihan, seminar-seminar, dan workshop; (3) Penerapan disiplin yang ketat; (4) Pelaksanaan supervisi dan evaluasi. Faktor pendukung diantaranya Adanya kemauan dan semangat para guru dan Kekompakan yang ditunjukan oleh guru-guru dan pegawai. Faktor penghambat diantaranya terbatasnya komunikasi kepala sekolah dan guru dalam memonitoring guru ketika berada di kantor, dan kurangnya mobilisasi dalam mengikuti pelatihan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

tadibanjournals

Publisher

Subject

Religion Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Ta’diban: Journal of Islamic Education adalah Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah yang fokus pada pendidikan anak dari berbagai aspek dan perspektif. Jurnal ini berisi tulisan tentang gagasan konseptual, kajian dan penerapan teori, penulisan praktis dan hasil penelitian ...