Ta'diban: Journal of Islamic Education
Vol 3 No 2 (2023): Januari-Juni

Studi Komparasi: Konsep Kebahagiaan Di Era Digital Perspektif Filosofi Teras Dan Buya Hamka

Rindiyani Pangestuti (Universitas Islam Negeri An Nur Lampung)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2023

Abstract

Filsafat Teras mengistilahkan bahwa kebahagiaan hanya dapat diraih apabila seseorang mampu memahami dan mengontrol emosi-emosi negative. Sedangkan Buya Hamka menjelaskan bahwa kebahagiaan hanya dapat dirasakan bagi mereka yang terpaut hatinya kepada akhirat. Konsep kebahagian yang dipaparkan pada penelitian ini lebih merujuk pada studi komparasi antara konsep kebahagiaan perspektif Filosofi Teras dan Buya Hamka dengan kaidah-kaidah islam. Penelitiaan ini berusaha menghasilkan pemahaman yang komprehensif pada pemikiran yang berbeda untuk memberikan suatu pemahaman baru dalam menyelesaikan problematika di Era Digital. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian library research dengan teknik analisis isi yang dilakukan berdasarkan pendekatan studi teks kewahyuan. Sebagai usaha melihat konsistensi makna dalam sebuah teks yang terjabarkan dalam pola-pola terstruktur dan memberikan pemahaman sistem nilai di balik teks. Hasil penelitian ini menunjukan terdapat korelasi antara konsep kebahagian perspektif filosofi teras dan Buya Hamka dalam memberikan pandangan dan pemahaman ilmiah yang dapat dimanfaatkan di Era sekarang. Namun tak bisa dihindari beberapa perbedaan pandangan dalam menjabarkan konsep kebahagiaan yang harus ditempuh oleh seorang manusia. Kata Kunci: Filosofi Teras, Buya Hamka, Konsep Kebahagiaan, Emosi

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

tadibanjournals

Publisher

Subject

Religion Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Ta’diban: Journal of Islamic Education adalah Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah yang fokus pada pendidikan anak dari berbagai aspek dan perspektif. Jurnal ini berisi tulisan tentang gagasan konseptual, kajian dan penerapan teori, penulisan praktis dan hasil penelitian ...