Implementasi kurikulum 2013 menanamkan nilai-nilai karakter terhadap siswa sebagaimana dirumuskan dalam kurikulum 2013. Penelitian ini bersifat deskriptif. Subjeknya adalah Guru SDII Al-Luqman Hakim Batam, sampel yang di gunakan adalah purposive sampling, teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data kualitatif dilakukan sejak sebelum memasuki lapangan, selama di lapangan, dan setelah selesai lapangan. Penanaman pendidikan karakter ternyata mampu mendidik siswa yang unggul dari aspek pengetahuan, cerdas secara emosional, dan kuat dalam kepribadian. Pendidikan karakter bagi siswa merupakan suatu keperluan yang tidak terbantahkan lagi.Pendidikan karakter menanamkan kebiasaan tentang hal mana yang baik sehingga peserta didik menjadi paham tau mana yang benar dan salah, mampu merasakan nilai yang baik dan melakukannya pada periode anak sekolah dasar, metode yang dilakukan guru untuk mengembangkan karakter adalah pengarahan, pembiasaan, keteladanan, penguatan,dan hukuman.
Copyrights © 2021