Chemedu: Jurnal Ilmiah Pendidikan Kimia
Vol 3, No 3 (2022)

Analisis Penguasaan Konsep Siswa yang Diajar dengan Metode Inkuiri Terbimbing pada pada Materi Pokok Ikatan Kimia

Nurmaulita Nurmaulita (SMA Islam l Bayyinah)
Muhammad Anwar (Universitas Negeri Makassar)
Ramdani Ramdani (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
02 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui tingkat penguasaan konsep kimia siswa pada materi pokok ikatan kimia yang diajar dengan metode inkuiri terbimbing. Tingkat penguasaan konsep siswa kategori paham konsep, miskonsepsi, dan tidak paham konsep diukur dalam bentuk persentase. Objek penelitian adalah siswa kelas X semester 1 SMA Negeri 8 Makassar tahun ajaran 2013/2014 sebanyak sembilan kelas dengan jumlah 304 orang siswa. Sampel penelitian diambil secara acak dan random sebanyak 36 orang siswa. Metode penelitian meliputi pengajaran dengan metode inkuiri terbimbing yang dievaluasi dengan instrumen test berupa pilihan ganda beralasan sebanyak 20 soal yang sudah divalidasi selanjutnya data yang diperoleh dianalisis secara statistik deskriptif. Hasil penelitian diperoleh bahwa tingkat penguasaan konsep siswa yang diajar dengan metode inkuiri terbimbing pada materi pokok ikatan kimia yaitu kategori paham konsep, miskonsepsi, dan tidak paham konsep yaitu berturut-turut 48,33%, 13,05% dan 38,61%, yang menunjukkan bahwa metode inkuiri terbimbing cukup efektif membantu siswa memahami konsep-konsep materi ikatan kimia. ABSTRACT This descriptive research aims to determine the concept achievement level of students in the subject matter chemical bond with the inquiry learning method. The level of concept achievements of students is categorized into three levels, namely to understand the concepts, misconceptions, and do not understand the concept in the form of a percentage. The object is all the students of class X1 SMA Negeri 8 Makassar academic year 2013/2014 a total of nine classes with a number of 304 students. The sample is taken by random sampling or random grade class. Research methods include the inquiry learning method is evaluated with the instrument in the form of a multiple-choice test of 20 questions reasoned that has been further validated the data obtained were descriptive statistic analyzed. The result showed that the level of concept achievement of students in the subject matter of chemical bonds in the category of understanding concepts, misconceptions, and do not understand the concept successive 48,33%, 13,05%, and 38,61% showed that the inquiry method was effective to contribute to students understanding the concepts chemical bonding subject matter.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ChemEdu

Publisher

Subject

Chemistry Education Other

Description

Jurnal Chemedu merupakan wadah untuk bertukar informasi ilmiah mengenai ilmu pendidikan kimia yang meliputi perkembangan teori, media dan metode pembelajaran dari hasil penelitian, telaah pustaka, opini, makalah teknis dan kajian ...