Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh media bongkar pasang pada model Discovery Learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas X MIPA MAN 2 Barru. Variabel bebas penelitian ini adalah penggunaan media bongkar pasang pada model pembelajaran Discovery Learning, dan tanpa media bongkar pasang, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar peserta didik pada materi tata nama senyawa kimia. Populasinya yaitu seluruh peserta didik kelas X MIPA MAN 2 Barru sebanyak 5 kelas. Sampel penelitian yang ditentukan dengan cara simple random sampling adalah kelas X MIPA 1 sebagai kelompok eksperimen dengan jumlah peserta didik 22 orang dan kelas X MIPA 2 sebagai kelompok kontrol dengan jumah peserta didik 22 orang . Data utama penelitian yang diperoleh dengan memberikan tes hasil belajar berupa post-test dan data pendukung dengan lembar observasi aktivitas peserta didik, dianalisis menggunakan statistik data deskriptif dan statistik infrensial. Hasil statistik deskriptif menunjukkan bahwa nilai rata-rata yang diperoleh dari kelas eksperimen yaitu 77 sedangkan kelas kontrol yaitu 72. Hasil statistik infrensial setelah dilakukan uji prasyarat menunjukkan bahwa data tidak terdistribusi normal serta memiliki varians yang homogen. Dengan demikian dilakukan uji non-parametik mann-whitney dengan α = 0,05 dan dk = 1,64. Hasil uji mann-whitney diperoleh Zhitung > Ztabel ( 8,77 > 1,64). Ini menunjukkan bahwa ada pengaruh media bongkar pasang pada model Discovery Learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas X MIPA MAN 2 Barru pada materi tata nama senyawa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023