Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kecerdasan emosional dengan hasil belajar peserta didik kelas XI IPA SMAN 8 Makassar pada materi pokok struktur atom.Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA SMAN 8 Makassar yang berjumlah 216.Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA SMAN 8 Makassar yakni 122 peserta didik.Data diperoleh dari angket kecerdasan emosional dan tes hasil belajar peserta didik. Berdasarkan hasil analisis deskriptif pencapaian indikator kecerdasan emosional, diketahui bahwa dimensi mengenali emosi orang lain memiliki pencapaian paling tinggi yakni 81,57%, dan dimensi mengenali emosi diri memiliki pencapaian paling rendah yakni 71,72%. Hal ini menunjukkan bahwa siswa mampu beradaptasi dan mengidentifikasi emosi dengan orang lain di sekelilingnya namun tidak pada dirinya sendiri. Diantara empat kelas yang menjadi subjek penelitian, Kelas XI IPA 3 memiliki kecerdasan emosional paling tinggi.Secara keseluruhan hasil belajar kimia peserta didik kelas XI IPA SMAN 8 Makassar tergolong sedang.Diantara empat kelas yang menjadi subjek penelitian, kelas XI IPA 3 memiliki hasil belajar yang paling tinggi. Adapun nilai regresi berganda yang diperoleh bermakna bahwa sumbangan relatif yang diberikan oleh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar peserta didik ialah sebesar 32,2%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hubungan kecerdasan emosional dengan hasil belajar peserta didik dikategorikan sedang dengan r=0,658.
Copyrights © 2021