Chemedu: Jurnal Ilmiah Pendidikan Kimia
Vol 2, No 3 (2021)

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI MIA 5 SMAN 1 Enrekang

Fitria, Ade (Unknown)
Maryono, Maryono (Unknown)
Sugiarti, Sugiarti (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Dec 2021

Abstract

Penelitian tindakan kelas (PTK) ini bertujuan untuk mengetahui cara menerapkan langkah - langkah model pembelajaran NHT untuk meningkatkan hasil belajar siswa Kelas XI MIA 5 SMA Negeri 1 Enrekang. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran NHT dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas XI MIA 5 SMA Negeri 1 Enrekang yang terdiri dari 6 fase yaitu: (1) fase pendahuluan dengan memberikan apersepsi mengenai materi, indikator dan tujuan pembelajaran, (2) fase penomoran (numbering) dengan membagi peserta didik dalam beberapa kelompok secara heterogen dan member nomor kepada peserta didik dalam tiap kelompok berdasarkan kemampuan akademiknya, (3) fase pengajuan pertanyaan (Questioning), pada fase ini guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya mengenai materi yang belum dimengerti, (4) fase berpikir bersama (Heads Together), pada fase ini guru mendampingi dan membimbing peserta didik dalam kerja kelompok dan menyelesaikan LKPD lalu peserta didik menyatukan pendapatnya terhadap soal LKPD yang telah dikerjakan dan memastikan bahwa setiap anggota kelompok mengetahui jawaban dari pertanyaan yang diberikan, (5), fase menjawab (Answering), pada fase ini guru menunjuk peserta didik dari masing-masing kelompok berdasarkan nomor kepalanya untuk mempresentasikan hasil pekerjaannya, dan (6) fase penghargaan dengan memberikan pujian dan hadiah bagi kelompok terbaik. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI MIA 5 SMA Negeri 1 Enrekang.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ChemEdu

Publisher

Subject

Chemistry Education Other

Description

Jurnal Chemedu merupakan wadah untuk bertukar informasi ilmiah mengenai ilmu pendidikan kimia yang meliputi perkembangan teori, media dan metode pembelajaran dari hasil penelitian, telaah pustaka, opini, makalah teknis dan kajian ...