Journal of Education Research
Vol. 4 No. 3 (2023)

Penerapan Model Pembelajaran PJBL Berbantuan Media Pohon Literasi untuk Meningkatkan Kosa Kata Baru Siswa Kelas 5 SD

Azizi, Dheetyas Glibson Rajindra (Unknown)
Kurniawati, Rissa Prima (Unknown)
Setyowati, Watiek (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas penerapan model pembelajaran Project-Based Learning (PJBL) berbantuan media pohon literasi dalam meningkatkan kosa kata baru siswa kelas 5 SD. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan bukti empiris tentang efektivitas model pembelajaran ini dalam meningkatkan kosa kata siswa pada tingkat Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi-eksperimen dengan desain penelitian kelompok kontrol non-ekuivalen. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol, yang dipilih secara acak. Kelas eksperimen menerapkan model pembelajaran PJBL berbantuan media pohon literasi, sedangkan kelas kontrol menerapkan model pembelajaran konvensional. Data penelitian dikumpulkan melalui tes kosa kata, observasi, dan angket. Tes kosa kata digunakan untuk mengukur peningkatan kosa kata siswa sebelum dan setelah intervensi pembelajaran. Observasi dilakukan untuk mengamati interaksi siswa dengan media pohon literasi dan partisipasi mereka dalam kegiatan pembelajaran. Angket digunakan untuk mengukur motivasi belajar siswa dan penilaian mereka terhadap penggunaan model pembelajaran PJBL berbantuan media pohon literasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran PJBL berbantuan media pohon literasi secara signifikan meningkatkan kosa kata baru siswa kelas 5 SD. Selain itu, siswa juga menunjukkan tingkat motivasi belajar yang lebih tinggi dan partisipasi yang lebih aktif dalam pembelajaran dengan model tersebut. Penelitian ini memberikan rekomendasi kepada guru-guru kelas 5 SD untuk mengadopsi model pembelajaran PJBL berbantuan media pohon literasi dalam upaya meningkatkan kosa kata siswa. Penerapan model ini dapat memberikan pengalaman belajar yang berbeda dan menarik, sehingga meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa dalam memperluas kosakata mereka.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jer

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences

Description

Journal of Education Research is a peer-refereed open-access journal which has been established for the dissemination of state of the art knowledge in the field of education. This Journal is published for time per year at March, June, September and December by Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD ...