Journal of Education Research
Vol. 4 No. 3 (2023)

Pengembangan Pembelajaran Daring dan Media Online terhadap Kemandirian Belajar yang Dimediasi Motivasi Belajar Siswa SMA

Yogi, Namira Dwi Martina (Unknown)
Mardi, Mardi (Unknown)
Pratama, Aditya (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Aug 2023

Abstract

Teknologi memiliki peran penting, karena dapat meningkatkan kualitas pendidikan. Penggunaan media online dalam proses e-learning sangat penting untuk mentransfer pengetahuan dan dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran daring. Peserta didik yang memiliki motivasi belajar tinggi mampu mengontrol kemampuannya untuk belajar mandiri. Penelitian ini bertujuan mengkaji efektivitas pembelajaran daring dan media online terhadap kemandirian belajar yang dimediasi motivasi belajar untuk menjelaskan hubungan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Sampel yang digunakan berjumlah seratus delapan puluh satu siswa kelas sebelas SMA. Data pada penelitian yaitu data primer menggunakan skala likert. Sampling menggunakan acak proposional. Teknik analisis data menggunakan software SmartPLS versi tiga titik nol. Hasil penelitian menyatakan bahwa Efektivitas Pembelajaran DaringĀ  berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kemandirian Belajar, Efektivitas Pembelajaran Daring secara positif dan signifikan berpengaruh terhadap Motivasi Belajar, Media Online secara positif dan signifikan berpengaruh terhadap Efektivitas Pembelajaran Daring, Media Online secara positif dan signifikan berpengaruh terhadap Kemandirian Belajar, Media Online secara positif dan sginifikan berpengaruh terhadap Motivasi Belajar, Motivasi Belajar secara positif dan signifikan berpengaruh terhadap Kemandirian Belajar Efektivitas Pembelajaran DaringĀ  berpengaruh terhadap Kemandirian Belajar melalui Motivasi Belajar, Media Online berpengaruh positif terhadap Kemandirian Belajar melalui Motivasi Belajar. Penelitian ini menjadi masukan bagi guru untuk memotivasi siswa belajar mandiri dan mengembangkan inovasi teknologi serta meningkatkan kemampuan belajar siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jer

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences

Description

Journal of Education Research is a peer-refereed open-access journal which has been established for the dissemination of state of the art knowledge in the field of education. This Journal is published for time per year at March, June, September and December by Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD ...