Journal of Education Research
Vol. 4 No. 3 (2023)

Upaya Guru Meningkatkan Maharah Istima’ melalui Metode Storytelling pada Siswa Kelas X

Kalsum, Ummi (Unknown)
Taufiq, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Aug 2023

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang Upaya Guru Meningkatkan Maharah Istima’ Melalui Metode Storytelling Pada Siswa Kelas X. Penelitian ini fokus pada metode Storytelling sebagai salah satu metode pembelajaran yang diterapkan oleh guru Bahasa Arab di Kelas X. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara analisis Miles dan Hubermen. Teknik validasi data menggunakan proses triangulasi yaitu, triangulasi narasumber yang beragam. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Upaya Guru Meningkatkan Maharah Istima’ Melalui Metode Storytelling Pada Siswa Kelas X dalam pembelajaran dilihat dari hasil observasi yang peneliti lakukan peserta ddik merasa nyaman dan asyik ketika guru menggunakan model ini. Upaya Guru Meningkatkan Maharah Istima’ Melalui Metode Storytelling Pada Siswa Kelas X lainnya yaitu selalu menumbuhkan motivasi peserta didik agar tidak berputus asa dalam belajar bahasa Arab dan melakukan bimbingan khusus untuk peserta didik yang belum lancar membaca kemudian memberikan latihan tambahan dan tugas tertentu kepada peserta didik agar melakukan kegiatan belajar di luar sekolah dan selalu memanfaatkan fasilitas yang ada seperti buku-buku yang tersedia di perpustakaan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jer

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences

Description

Journal of Education Research is a peer-refereed open-access journal which has been established for the dissemination of state of the art knowledge in the field of education. This Journal is published for time per year at March, June, September and December by Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD ...