Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui deskripsi implementasi penguatan profil pelajar Pancasila melalui pembalajaran berbasis proyek dan respon siswa terhadap penerapan model Project Based Learning dalam penguatan profil pelajar pancasila. Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif Deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, kuisioner dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa Implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam Pembelajaran berbasis proyek dilakukan dengan 8 tahap dan pembelajaran model Project Based Learning dilakukan dengan sintaks sebagai berikut: Assesmen diagnostic, Tahap pengenalan fell. Tahapan imagine konstektual, Tahapan Do Aksi, Tahapan share  refleksi, evaluasi dan tindak lanjut.  Siswa merespon dengan baik model pembelajaran berbasis proyek karena tidak membosankan dan memotivasi siswa untuk semangat belajar, sehingga model pembelajaran Project Based Leraning efektif dan tepat digunakan dalam penguatan profil pelajar Pancasila
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023