Indonesian Journal of Education and Social Science
Vol. 2 No. 2 (2023)

Dampak Intensitas Bermain Online Game Terhadap Motivasi Belajar dan Perilaku Sosial Anak

Erlyn Dwi Larasati (Universitas Muria Kudus)
Mohammad Kanzunnudin (Universitas Muria Kudus)
Ika Ari Pratiwi (Universitas Muria Kudus)



Article Info

Publish Date
11 Sep 2023

Abstract

Salah satu dampak perkembangan teknologi yaitu kemunculan game online. Game online merupakan salah satu permainan yang disukai oleh semua kalangan. Adanya game ini berdampak terhadap motivasi belajar dan perilaku sosial anak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis intensitas bermain game online anak dan dampaknya terhadap motivasi belajar dan perilaku sosial anak di Dukuh Bancak. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Sumber data primer adalah anak usia 9-12 tahun dan orang tua. Sumber data sekunder berasal dari dokumentasi penelitian, catatan lapangan dan pendukung lainnya. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil analisis dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa intensitas bermain game online berbeda- beda. Intensitas bermain game yang semakin lama, maka semakin banyak pula dampak yang dihasilkan dalam bermain game online. Salah satu dampaknya yakni menurunnya motivasi belajar anak. Anak yang menghabiskan banyak waktunya untuk bermain game, maka anak tersebut tidak sempat belajar dan akhirnya malas belajar. Selain berdampak terhadap motivasi belajar, dampak game online juga dapat mempengaruhi perilaku sosial anak. Sebagian besar subjek yang bermain game online dapat berdampak bagi perilaku sosialnya, antara lain sikap pembangkangan, agresi, berselisih atau bertengkar, menggoda, persingan, kerjasama, tingkah laku berkuasa, mementingkan diri sendiri dan empati.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ijess

Publisher

Subject

Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Indonesian Journal of Education and Social Science (IJESS), with ISSN 2830-6996, is a biannually online, peer-reviewed and open-access journal which is published by Papanda. IJESS aims to publish high-quality papers in all areas of Education and Social sciences. The journal is committed to ...