Dalam pembelajaran, peserta didik dituntut untuk dapat berkomunikasi khususnya ketika berada di dalam kelas agar terjadi timbal balik dalam pembelajaran. Namun rendahnya kemampuan presentasi peserta didik mengakibatkan kegiatan presentasi menjadi kurang maksimal sehingga timbal balik atau pertukaran informasi tidak dapat tersampaikan dengan baik. Oleh karena itu, dilakukan pengembangan sebuah produk pembelajaran yakni sebuah powerpoint berbantuan software prezi dengan pendekatan pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan kemampuan presentasi peserta didik pada pokok bahasan bioteknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) validitas produk powerpoint berbantuan software prezi; (2) kepraktisan produk powerpoint berbantuan software prezi; dan (3) efektivitas produk tersebut dalam peningkatan kemampuan presentasi peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan atau Research and Development dengan model pengembangan 4D. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan, ditemukan bahwa (1) hasil analisis validasi ahli dari segi desain dan fitur serta materi menunjukkan predikat sangat baik dengan masing-masing mendapat skor persentase 93,33% dan 96,25%. (2) Hasil kepraktisan baik pada saat uji coba produk dengan skala terbatas maupun luas menunjukkan predikat praktis dengan masing-masing hasil berturut-turut mendapat skor persentase 83,14% dan 82,65%. (3) Hasil analisis efektivitas menunjukkan hasil bahwa produk ini efektif untuk meningkatkan kemampuan presentasi peserta didik.
Copyrights © 2023