Kemampuan kepedulian lingkungan peserta didik memiliki peran penting dalam melestarikan lingkungan. Namun kenyataannya, kemampuan kepedulian lingkungan peseta didik di SMP Negeri 1 Siman kurang optimal. Hal ini karena materi pelajaran belum dikaitkan dengan kehidupan nyata dan model pembelajaran yang digunakan hanya ceramah saja. Penggunaan model pembelajaran rotating trio exchange (RTE) berbantuan media flash card menjadi salah satu solusi dari permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran RTE berbantuan media flash card terhadap kemampuan kepedulian lingkungan peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode quasi experiment dengan desain pretest-posttest control group design. Sampel penelitian ini yaitu kelas IX A(eksperimen) dan kelas IX B (kontrol) yang berjumlah 60 peserta didik. Pengambilan data dilakukan dengan memberikan soal tes sebelum dan sesudah diberikannya perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kemampuan kepedulian lingkungan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran RTE berbantuan media flash card tidak sama dengan kemampuan kepedulian lingkungan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional dan model pembelajaran RTE berbantuan media flash card lebih baik untuk meningkatkan kemampuan kepedulian lingkungan peserta didik dari pada model pembelajaran konvensional. Hal tersebut berarti bahwa model pembelajaran RTE berbantuan media flash card efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan kepedulian lingkungan peserta didik kelas IX pada mata pelajaran IPA di SMP Negeri 1 Siman.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023